WEBSITE “E-TOKEL” UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO KELONTONG SARI NUGRAHA MALANG

Authors

Keywords:

website, penjualan, toko kelontong

Abstract

Penjualan adalah aktivitas atau bisnis menjual produk atau jasa. Dalam proses penjualan, penjual atau penyedia barang dan jasa memberikan kepemilikan suatu komoditas kepada pembeli untuk suatu harga tertentu. Toko kelontong adalah wirausaha rumahan yang berbentuk semacam warung yang melayani transaksi jual beli barang kebutuhan sehari-hari, seperti sembako, camilan, dan sebagainya. Menurut Kotler (2000:593), Toko Kelontong (Convinience Store), yaitu toko yang relatif kecil dan terletak didaerah pemukiman, memiliki jam buka yang panjang selama tujuh hari dalam seminggu, dan menjual lini produk bahan yang terbatas dengan tingkat perputaran tinggi. Penerapan website dalam pengelolaan toko kelontong ini selain agar toko kelontong dapat beradaptasi dengan penggunaan teknologi informasi, juga menjadikan toko kelontong dapat melayani transaksi jual beli dalam jarak jauh. Artinya, jika ada seorang konsumen yang ingin membeli barang di toko kelontong tersebut, maka konsumen tersebut tidak perlu datang langsung ke toko. Cukup dengan membuka website toko kelontong ini, baik di personal computer (PC), laptop, maupun smartphone, maka transaksi dapat langsung berjalan. Konsumen bisa memilih barang apa saja yang dibutuhkan, dan langsung ke transaksi selanjutnya hingga barang yang dipilih dapat langsung dibeli, dan barang langsung diantar ke tempat konsumen, dan dalam sistem ini, dapat dilayani hanya di wilayah Kota Malang saja.

Downloads

Published

2020-10-20