Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
Pengaruh Kesehatan Mental di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
PROSIDING SENASIF 4 2020
PDF

Keywords

kesehatan mental
covid-19
pendidikan
prestasi belajar

How to Cite

Djannah, M. (2020). Pengaruh Kesehatan Mental di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4(1), 2403 - 2414. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/321

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya pengaruh kesehatan mental dengan peningkatan prestasi belajar siswa, 2) untuk mengetahui cara menangani kesehatan mental pada anak di tengah wabah covid19 terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk jenis ex post facto dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kayangan 2 tahun akademik 2019/2020 yang berjumlah 125 siswa. Dalam penelitian ini, diambil sampel secara acak sebanyak 58 siswa yang diperoleh dari kelas IV = 15 siswa, kelas V = 23 siswa, dan kelas VI = 20 siswa. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesehatan mental dan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang sebagian besar katagori baik. Terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pengaruh kesehatan mental terhadap peningkatan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang artinya semakin tinggi kesehatan mental siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang maka akan semakin baik prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang.

PDF