PENGARUH PROGRAM SATU DESA SATU PRODUK (ONE VILLAGE ONE PRODUCT), TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI DESA

Authors

Keywords:

produk lokal, OVOP, pemerintah desa, pemberdayaan ekonomi desa

Abstract

Pengembangan sektor ekonomi pedesaan memiliki fungsi strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus sebagai upaya mengatasi kemiskinan sosial. Oleh karena itu, sektor ekonomi pedesaan dapat menjadi perhatian utama pemerintah melalui kebijakan dana desa untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi pedesaan. Gerakan satu desa satu produk (One Village One Product), menjadi gerakan secara menyeluruh bagi desa-desa dalam pengembangan produk lokalnya agar memiliki kualitas daya saing di pasar-pasar lokal, regional, nasional, dan bahkan ditingkat global. Setiap desa diyakini memiliki produk lokal yang memiliki ciri kekhasan yang berbeda dengan produk lainnya, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi apabila dikembangkan secara serius. Untuk itu, dibutuhkan komitmen pemerintah desa dan masyarakat untuk bekerja sama dalam menyusun program pengembangan produk desa yang dibutuhkan, karena masyarakatlah yang paling mengetahui akan kebutuhannya. Dengan diberikan akses dan kesempatan bagi masyarakat dalam menentukan program pengembangan tersebut, akan dihasilkan program-program yang benar-benar sesuai dengan persoalan yang tengah dihadapi masyarakat dalam menghasilkan produk lokal tersebut. Dengan pemberdayaan produk lokal akan mampu menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi pedesaan melalui pengembangan kualitas dan manajemen produk yang lebih profesional.

Downloads

Published

2020-10-20