Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PEMILIHAN PEMASOK DAN PENENTUAN JUMLAH ORDER BAHAN BAKU PADA UMKM BATIK MENGGUNAKAN FUZZY dan ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
PDF

Keywords

Fuzzy, FAHP, Fuzzy Tsukamoto, Pemasok, Order, UMKM

How to Cite

Widia, I. D., Rosalin, S., Asriningtias, S., & Sonalitha, E. (2019). PEMILIHAN PEMASOK DAN PENENTUAN JUMLAH ORDER BAHAN BAKU PADA UMKM BATIK MENGGUNAKAN FUZZY dan ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 3(1), 2045 - 2055. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/273

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha produktif yang dirintis dan dijalankan oleh perorangan ataupun badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha kecil, mikro ataupun menengah. UMKM Batik merupakan UMKM yang mampu bertahan di Indonesia, mengingat batik adalah ciri khas budaya Indonesia asli yang dilestarikan. Produksi batik pada UMKM diharapkan optimal dan dapat memenuhi permintaan pasar baik secara jenis dan jumlah. Bahan baku yang digunakan untuk produksi batik diantaranya kain, malam, dan zat pewarna sintetis, sehingga harga dan ketersediaan ketiga bahan ini sangat mempengaruhi proses produksi komoditas UMKM. Ketersediaan bahan harus mampu memenuhi jumlah permintaan, maka penentuan jumlah bahan baku yang harus dibeli dan pemilihan pemasok sangat mempengaruhi efisiensi proses produksi. Sistem pendukung keputusan yang digunakan pada penelitian ini adalah penerapan metode fuzzy pada AHP yang dikenal sebagai fuzzy AHP untuk melakukan perangkingan pada proses pemilihan pemasok. Proses pemilihan pemasok untuk pembelian bahan baku menggunakan metode fuzzy AHP. Metode penentuan jumlah order bahan baku yang akan di order dalam penelitian ini menggunakan fuzzy tsukamoto. Kedua metode ini mampu merekomendasikan UMKM Batik untuk memilih pemasok bahan baku serta mampu merekomendasikan jumlah order bahan baku yang dibeli. Kombinasi 2 metode untuk proses penentuan pemasok dan jumlah order menggunakan metode FAHP dan Fuzzy Tsukamoto menghasilkan perangkingan pemilihan supplier dan jumlah order yang optimal. 

PDF