Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PERANCANGAN MANAJEMEN KATALOG LAYANAN MENGGUNAKAN ITIL VERSI 3 PADA PT. TPKS
PDF

Keywords

ITIL, layanan TI, Service

How to Cite

Utomo, P., Ambarwati, A., & Hendrata, F. (2019). PERANCANGAN MANAJEMEN KATALOG LAYANAN MENGGUNAKAN ITIL VERSI 3 PADA PT. TPKS. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 3(1), 1961 - 1968. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/261

Abstract

Layanan Teknologi Informasi (TI) menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung operasional bisnis terminal bongkar muat petikemas. PT. TPKS merupakan perusahan yang memberikan layanan terminal bongkar muat petikemas secara domestik, impor dan ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Service Catalogue Management (manajemen katalog layanan) menggunakan ITIL versi 3 pada PT. TPKS. Tahapan perancangan katalog layanan TI berupa mendefinisikan service architecture, mendefinisikan layanan dan mendefinisikan standar. Hasil penelitian berupa dokumen katalog layanan (Service Catalogue), service portfolio dan service level agreement yang dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan TI dan mencapai visi dan misi PT. TPKS.

PDF