POTENSI KORUPSI BIROKRASI PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK
Keywords:
Korupsi, Pelayanan Publik, Moralitas, IntegritasAbstract
Korupsi birokrasi telah menyentuh pada level yang sangat kritis, karena hampir semua tingkatan pemerintahan baik pusat, daerah, maupun kelurahan/desa telah terjadi dalam proses pelayanan publik. Korupsi biasanya dikaitkan dengan penyalahgunaan kekuasaan atau jabatan untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Gejala korupsi tersebut, diakibatkan karena pelayanan publik masih dirasakan oleh sebagian besar masyarakat sulit, prosedural, berbelit-belit, dan lamban dalam penyelesaiannya, sehingga mendorong masyarakat untuk mencari jalan pintas melalui upaya membangun konektifitas dengan pejabat birokrasi yang dimungkinkan dapat membantu kemudahan dalam proses pengurusannya. Inilah awal terjadinya korupsi birokrasi, karena akan terjadi praktek suap yang dilakukan masyarakat sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada pejabat birokrasi yang telah membantu dalam proses pengurusan pelayanan publik. Untuk itu, korupsi birokrasi tidak dapat dilepaskan dari unsur manusianya, moralitas dan integritas dibutuhkan dalam rangka menangkal merebaknya korupsi dalam lingkungan birokrasi.