PENDEKATAN ONE VILLAGE ONE PRODUK (OVOP) DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA

Authors

Keywords:

OVOP, Pemerintah daerah, pemberdayaan ekonomi, sektor ekonomi desa

Abstract

Sektor ekonomi rakyat memiliki fungsi strategis dalam menunjang perekonomian nasional, oleh karena itu orientasi pembangunan ekonomi perlu ditekankan pada upaya pemberdayaan sektor ekonomi rakyat khususnya ekonomi pedesaan. Salah satu pendekatan yang lagi tred saat ini, melalui gerakan OVOP (One Village One Product) yang bertumpu pada upaya mendorong dan menumbuhkan sektor ekonomi desa, hanya saja yang perlu dipertimbangkan bahwa masing-masing desa memiliki potensi yang berbeda-beda, maka dalam pengembangannya harus mengacu pada pada kekhasan produk yang dihasilkan oleh warga desa, agar menjadi kekuatan dalam menggerakkan perekonomian desa. Gerakan OVOP yang dikembangkan selama ini, masih menyisakan berbagai kendala antara lain; peran pemerintah daerah belum optimal dalam memfasilitasi pengembangan, serta peran masyarakat dalam pengembangan inisiatif dan kreatifitasnya masih rendah, akibatnya kurang sinergitas antara tujuan pemerintah daerah dengan harapan dan keinginan masyarakat desa.Untuk itu, dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan masyarakat desa agar memiliki visi dan tujuan yang sama untuk mendorong mobilitas ekonomi pedesaan guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga desa.

Downloads

Published

2019-09-21