Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
DESAIN DAN IMPLEMENTASI : AUDIO VIDEO ON DEMAND (AVOD) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MELALUI PENGUATAN BERPIKIR DAN BERTINDAK PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN
PDF

Keywords

Teknologi, Multimedia, Strategi Pembelajaran, Audio Visual

How to Cite

Pradana, D., & Hermawan, C. (2019). DESAIN DAN IMPLEMENTASI : AUDIO VIDEO ON DEMAND (AVOD) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA MELALUI PENGUATAN BERPIKIR DAN BERTINDAK PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 3(1), 1747-1753. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/237

Abstract

Perkembangan revolusi industri 4.0 mahasiswa dan dosen dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Selama ini dalam pelaksanaan pembelajaran dalam mata kuliah strategi pembelajaran masih konvensional tanpa memanfaatkan teknologi informasi sehingga mahasiswa kurang memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap materi strategi pembelajaran yang dipelajari terhadap dunia nyata ketika kelak mereka nanti mengajar di kelas, terlebih penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran akan memberikan gambaran dalam bentuk simulasi seperti apa strategi pembelajaran itu diterapkan. Oleh karena itu perlu didesain materi pembelajaran yang mampu memberikan gambaran nyata tentang strategi pembelajaran yang dipelajari oleh mahasiswa dengan mengembangkan sumber belajar yang menarik, memotivasi mahasiswa untuk terus belajar dengan bahan ajar yang bermakna dengan mengembangkan sumber belajar AVOD untuk mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi melalui model kegiatan konkrit dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, evaluasi. Berdasarkan hasil uji coba dapat dikemukakan sebagai berikut: uji coba ahli materi di dapat persentase 90,8% berdasarkan kriteria kelayakan, media pembelajaran AVOD ini termasuk kualifikasi valid/layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Uji coba ahli media di dapat persentase 91,6% berdasarkan kriteria kelayakan, media pembelajaran AVOD ini termasuk kualifikasi valid/layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Data pada uji tingkat keberhasilan belajar dengan rata-rata 90% dalam total populasi tuntas belajar.

PDF