ANALISIS PROSEDUR PENGADAAN DAN PENERIMAAN BAHAN PUSTAKA SMA NEGERI DI KOTA KEDIRI

Authors

Keywords:

bahan pustaka, prosedur pengadaan, prosedur penerimaan

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa perpustakaan mengemban peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan diharapkan dapat membantu mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional. Pengadaan buku sebesar 20% dari pendanaan BOS memerlukan prosedur yang jelas untuk mengarahkan cara kerja dan aturan kerja yang sistematis dan juga membantu memudahkan kontrol dan pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis prosedur pengadaan buku dan 2) untuk menganalisis prosedur penerimaan buku perpustakaan SMA Negeri di Kota Kediri. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di lima Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Kediri yaitu SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 7, dan SMAN 8 Kota Kediri. Hasil analisis dari penelitian ini bahwa prosedur pengadaan buku di semua SMA Negeri di Kota Kediri dilakukan secara daring dan secara luring. Pengadaan buku secara daring sudah mengikuti ketentuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan no. 76810/A.A6.3/UK/2019 tanggal 11 Juli 2019 tentang Pengadaan Barjas di Sekolah melalui SIPLah dikarenakan sumber pendanaan pembelian buku berasal dari dana BOS yang mensyaratkan mengikuti ketentuan tersebut. Sedangkan hasil analisis untuk prosedur penerimaan buku di semua perpustakaan SMA Negeri di Kota Kediri dimana pihak perpustakaan tidak membuat berita acara serah terima barang karena berita acara serah terima barang dibuat oleh pihak penyedia buku. Pihak perpustakaan hanya menandatangani berita acara serah terima barang yang menyatakan bahwa buku sudah sesuai dengan yang tertera di berita acara penerimaan barang.

Downloads

Published

2019-09-21