Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
PENGARUH SISTEM INFORMASI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN LOYALITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING JATIM PARK GROUP
PDF

Keywords

Sistem Informasi Pemasaran, Kualitas pelayanan, Loyalitas, Keunggulan bersaing dan Jatim Park Group

How to Cite

Hidayatullah, S., Patalo, R., Firdianjah, A., & Waris, A. (2019). PENGARUH SISTEM INFORMASI PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN LOYALITAS TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING JATIM PARK GROUP. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 3(1), 1652-1660. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/226

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem informasi pemasaran, kualitas layanan dan loyalitas terhadap Keunggulan Bersaing pada Jatim Park Group Kota Batu yang bergerak dalam usaha wisata. Dalam studi ini, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan path analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung Jarim Park Group yang jumlahnya tidak diketahui, sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 180 responden. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner, wawancara dan pengamatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Sistem Informasi Pemasaran terhadap Keunggulan Bersaing, 2)Menganalisis pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Keunggulan bersaing. 3) menganalisis pengaruh Sistem Informasi pemasaran terhadap loyalitas Pelanggan, 4) Menganalisis pengaruh Kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan 5) Menganalisis pengaruh Loyalitas pelanggan terhadap keunggulan bersaing, 6) Menaganalisis pengaruh Sistem informasi pemasaran terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan, 7) menganalisis pengaruh Kualitas terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan.Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung, system informasi pemasaran tidak memiliki pengaruh langsung terhadap keunggulan bersaing, namun system informasi pemasaran memiliki pengaruh terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan. Selanjutnya Kualitas pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap keunggulan bersaing namun kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh terhadap Keunggulan Bersaing jika melalui loyalitas pelanggan. Dari hasil tersebut juga diketahui bahwa loyalitas pelanggan berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.

PDF