Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang
DESAIN DISONANSI KOGNITIF SEBAGAI FAKTOR ANTESEDEN UNTUK PENGUATAN KUALITAS INFORMASI PADA WEBSITE
Senasif
PDF

Keywords

website, penguatan kualitas informasi, desain disonansi kognitif

How to Cite

Triono, M., & Setiyaningsih, L. (2017). DESAIN DISONANSI KOGNITIF SEBAGAI FAKTOR ANTESEDEN UNTUK PENGUATAN KUALITAS INFORMASI PADA WEBSITE. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1(1), 71 - 79. Retrieved from https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/11

Abstract

Desain disonansi kognitif pada kualitas informasi merupakan fenomena baru, sebagai hasil pengembangan dari penelitian eksplanatif mengenai pengaruh kualitas website terhadap keputusan pembelian konsumen. Urgensinya dalam penelitian ini difokuskan untuk memperoleh gambaran mengenai: (1) karakteristik website yang mampu menunjang kesuksesan bisnis; (2) justifikasi desain (statis and motion graphies) yang mampu menstimuli penumbuhan kesan atau persepsi publik; dan (3) konstruksi pesan (copy writing) yang dapat mengubah sikap publik sesuai harapan kreatornya. Melalui pendekatan subjektif naturalistik, dengan menggunakan teknik observasional semi partisipatif yang didukung wawancara mendalam pada 3 informan, maka dapat dideskripsikan hasil penelitian sebagai berikut: (1) kemudahan menemukan informasi bagi publik dengan menempatkan logo, simbol, dan tagline pada posisi strategis; (2) gaya jurnalistik dengan selalu melakukan update informasi secara cepat dan berkala; (3) keterpercayaan informasi yang mengutamakan kebenaran, aktualitas, dan relevan; (4) keutuhan informasi dalam bentuk tekstual dengan diperkuat video, foto, maupun animasi untuk memfasilitasi penerimaan publik; (5) memanjakan publik dengan berfokus pada perolehan kepuasan saat menerima informasi yang didukung tampilan portofolio, testimoni dan sebagainya; (6) ruang dialog terfokus dengan menyediakan sarana untuk membangun diskusi melalui internet maupun tatap muka dengan publik.

PDF

References

Atmanto, Joko. 2000. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bogor : Bina Pustaka.
Bailin, A., dan Pullinger, D., 2010, Measuring Website Quality. Retrieved, 2012, from Central Office of Information.
Clifton, S.S., dan Giddings, A.M. 2010. Pastels for Dummies, Indianapolis : Wiley Publishing.
Jogiyanto H.M. 2001. Analisis Dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktis Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2001, Manajemen Pemasaran, Edisi II. Jakarta : PT. Indeks.
Lani, Sidharta. 1996. Sistem Informasi Bisnis: Analisa dan Desain Sistem Informasi Bisnis. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Laudon, Kenneth C dan Traver, Carol Guercio. 2011, E-Commerce,Business Technology. Society, (seventh edition), England : Edinburgh Gate Harlow.
Leitch, Robert K. dan Davis, K. Roscoe. 1983. Accounting Information Systems. New Jersey : Prentice-Hall.
Madhavaram, Sreedhar Rao and Laverie, Debra A. 2004. Exploring Impulse Purchasing on the Internet, in NA - Advances in Consumer Research Volume 31, eds. Barbara E. Kahn and Mary Frances Luce, Valdosta, GA : Association for Consumer Research.
Maslow, Abraham. 2006. On Dominace, Self Esteen and Self Actualization. Maurice Basset : Ann Kaplan.
Poddar, A., Donthu, N., & Wei, Y., 2009. Web Site Customer Orientations, Web Site Quality, and Purchase Intentions: The Role of Web Site Personality, Journal of Business Research.
Rahmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Razaq, Abdul. 2002, Penuntun Praktis Microsoft Office XP. Surabaya : Graha Media.
Sanusi, Anwar. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.